Sabtu, 24 Maret 2012

Sebuah Cerita Sebuah Realita

Tags



Perbedaan, sebuah persoalan mendasar yang setiap hari kita jumpai di kehidupan kita. Kecil atau besar sebuah perbedaan itu, hendaknya dapat kita sikapi dengan bijak. Ibarat warna pada pelangi, tidak ada merah maka tidak akan disebut pelangi. Begitu pula dengan kehidupan, tidak ada perbedaan sama aja nggak hidup, man...( kata seorang rocker). Dengan perbedaan kita bisa saling melengkapi, dengan perbedaan itu pula kita bisa berlatih saling toleransi dan menghargai. Perbedaaan dalam konteks ini bersifat umum, bisa mulai dari konteks yang luas maupun sempit. Konteks luas misalnya, perbedaan secara umum meliputi: perbedaan suku, agama, ras, maupun bahasa sedangkan dalam arti sempit meliputi perbedaan pendapat atau gagasan yang sering dijumpai dalam diskusi.
Islam mengatur secara jelas bagaimana kita seharusnya menghargai perbedaan utamanya dalam sebuah diskusi.
Jika kamu berselisih pendapat maka kembalikanlah kepada Allah (Al-Qur’an) dan Rasul-Nya (Sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian, yang demikian itu lebih utama dan lebih baik akibatnya.” (QS. An-Nisa’: 59)
            Nah, sudah tau kan bagaimana seharusnya kita bersikap. Hal ini sesungguhnya untuk menghindari sebuah perselisihan antar saudara sesama muslim. Apalagi jika kita melihat keadaan akhir- akhir ini yang sering berujung pada kekerasan atau perselisihan, mungkin hal itu karena mereka tidak bisa menghargai perbedaan, bahkan tidak bisa menerima..(kayaknya)
Sekarang pintar- pintarnya aja deh, buat kita menghadap perbedaan itu.. kalau damai kan, lebih enak.hehehehe

Melina Indah K.
Staff Media Ukmf Jm Al Ishlah
           



EmoticonEmoticon

Laman